JAGUNG

Kandungan-Gizi-Tanaman-Jagung-300x225Klasifikasi-Tanaman-Jagung-300x201Jagung adalah tanaman berkeping tunggal atau monokotil, akar jagung berupa akar serabut yang dapat mencapai kedalaman 8 m tapi rata rata pada kisaran 2 m. Pada jagung  dewasa muncul akar adventif dari buku-buku batang bagian bawah yang membantu menyangga tegaknya tanaman. Batang jagung tegak dan mudah terlihat, sebagaimana sorgum dan tebu, namun tidak seperti padi atau gandum. Batang jagung beruas-ruas. Setiap Ruasnya terbungkus pelepah daun.

Daun jagung adalah daun sempurna. Berbentuk memanjang, antara pelepah dan helai daun terdapat ligula. Tulang daunnya sejajar dengan ibu tulang daun. Permukaan daun kadang berambut tapi kadang juga licin. Stomata jagung pada daunnya berbentuk halter dan setiap stoma dikelilingi sel-sel epidermis berbentuk kipas, yang khas dimiliki familia Poaceae.

Bunga jantan dan bunga betina pada jagung terpisah (diklin) dalam satu tanaman (monoecious). Tiap kuntum bunga jagung memiliki struktur khas bunga dari suku Poaceae, yang disebut floret. Setiap 2 floret dibatasi oleh glumae. Bunga jantan tumbuh di bagian puncak tanaman, berupa karangan bunga (inflorescence). Serbuk sari berwarna kuning dan beraroma khas. Bunga betina tersusun dalam tongkol. Tongkol tumbuh dari buku, di antara batang dan pelepah daun. Bunga jantan jagung siap untuk penyerbukan 2-5 hari lebih awal dari bunga betinanya (protandri).

Buah jagung, Umumnya setiap satu tanaman jagung hanya dapat menghasilkan satu tongkol  jagung tetapi pada varietas unggul dapat menghasilkan lebih dari satu tongkol produktif, yang disebut varietas prolifik.

Itulah tadi sedikit tentang ciri dari tumbuhan jagung, semoga artikel ciri jagung ini dapat bermanfaat dan berguna di kemudian hari. Saya juga telah menyertakan gambar jagung untuk anda, sekian pembahasan dari saya dan sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • ciri-ciri jagung
  • ciri ciri tanaman jagung
  • Ciri-ciri tanaman jagung
  • ciri-ciri tumbuhan jagung
  • ciri ciri jagung
  • ciri ciri tumbuhan jagung
  • ciri ciri pohon jagung
  • ciri tanaman jagung
  • ciri-ciri pohon jagung
  • ciri tumbuhan jagung

Tumbuhan Jagung – Pada kali ini saya akan membahas tentang sebuahtumbuhan bernama tanaman jagung, Jagung merupakan salah satu dari tiga besar tanaman pangan yang berada di seluruh dunia selain tanaman gandum dan tanaman padi. Di daerah luar negeri semacam di Amerika Tengah dan Selatan, jagung merupakan sumber karbohidrat utama . Selain itu di Negara semacam Amerika serikat menggunakannya jagung sebagai sumber pangan alternatif. Tak hanya diluar negeri semacam amerika, di dalam negeri kita tercinta yaitu Indonesia juga menggunakannya sebagai sumber panganan pokok yang merupakaan kebiasaan dari penduduk daerah Madura dan Nusa tenggara. Jagung adalah sebuah tanaman yang hanya bisa ditanam semusim dan merupakan sumber pangan yang rendah karbohidrat dan tinggi protein. Itulah tadi pengertian tanaman jagung atau pengertian jagung. Nama latin jagung atau nama ilmiah jagung yaitu Zea mays L.

Setelah kita tahu sedikit tentang pengertian tumbuhan jagung, sekarang kiat akan kebagian manfaat tanaman jagung atau khasiat jagung. Sebenarnya fungsi jagung adalah sebagai sumber pangan dan juga sebagai bahan campuran pengganti fungsi utama plastik. Tahukah anda berapa jumlah produksi jagung di Negara kita? Saya akan memberikan 3 besar Provinsi penghasil jagung terbesar, yaitu: Jawa Timur : 5 juta ton; Jawa Tengah : 3,3 juta ton; Lampung : 2 juta ton. Tahukah anda jika negara produsen jagung terbesar saat ini adalah Amerika Serikat (38,85% dari total produksi dunia), diikuti China 20,97%; dan Brazil 6,45%.

Setelah kita tahu sedikit tentang manfaat jagung juga Negara penghasil jagung, sekarang kita akan kebagian ciri dari jagung, pertumbuhan jagung berkisar antara 80-150 hari. Paruh pertama dari siklus merupakan tahap pertumbuhan vegetatif dan paruh kedua untuk tahap pertumbuhan generatif. Umur jagung kurang lebih 5 bulan, tinggi tanaman jagung umumnya antara 1m sampai 3m, daunnya sempurna, dan jagung merupakan tanaman berkeping tungal atau monokotil. Umumnya satu pohon jagung hanya terdapat satu tongkol saja.

Itulah tadi sedikit pembahasan tentang artikel tumbuhan jagung, diatas saya telah sampaikan pengertian tumbuhan jagung sampai ciri dari jagung. Saya juga sertakan gambar tanaman jagung. Semoga pembahasan pada artikel bertopik jagung ini dapat berguna dan bermanfaat untuk anda, sekian dan sampai jumpa.

Tinggalkan komentar